Sunday, March 3, 2024
Google search engine
HomeBatamBandara Hang Nadim Buka Posko Arus Mudik Lebaran, Siapkan 388 Personel Gabungan

Bandara Hang Nadim Buka Posko Arus Mudik Lebaran, Siapkan 388 Personel Gabungan

BATAMINSTA.COM, BATAM – Untuk memperlancar penumpang terkhusus dipuncak arus mudik di Bandara Internasional Batam (BIB) yang diperkirakan H-2 Hari Raya Idulitri, tepatnya Rabu (19/4/2024), pengelola telah mempersiapkanĀ  personel gabungan yang siap memberikan pelayanan.

Untuk memperlancar arus mudik di BIB Hang Nadim Batam, tim gabungan membuka posko pelayanan Arus Mudik Lebaran 2023 di BIB Hang Nadim.

Sebanyak 388 personel gabungan mulai dari Petugas Bandara, TNI/Polri, Basarnas, BMKG, Dinkes dan juga dari PLN, akan secara bergantian menjaga pos mudik lebaran, yang siap memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa angkutan udara.

“Untuk di Posko arus mudik, kita siapkan berbabai layanan informasi, mulai dari jadwal penerbangan, kondisi cuaca, kondisi keamanan dan lainnya,”kata Kepala Posko Angkutan Lebaran 2023 BIB Hang Nadim Batam, Khoufan Rizki Oktarian, Jumat (14/4/2023).

BACA JUGA:   Jarak Pandang Membaik di Batam Setelah Kabut Asap Menghilang

Rizki, menjelaskan untuk puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 lebaran. Sementara untuk tujuan paling banyak masih didominasi lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya dan Semarang.

Untuk puncak arus mudik diperkirakan terjadi peningkatan penumpang sebesar 20 persen setiap hari.”Kalau kita libat dari tahun-tahun sebelumnya, pada puncak Lebaran, jumlah penumpang perharinya diangka 15 ribu,”kata Rizki.

Dia juga mengatakan untuk jumlah pesawat yang akan melayani penumpang perharinya 60 sampai 70 armada.”Tujuan paling banyak Jakarta, Medan dan Surabaya,”kata Rizki.

Sementara untuk syarat penerbangan sampai sejauh ini masih mengacu kepada surat edaran Kementerian Perhubungan sudah harus divaksin.

Untuk menghindari penumpang di ruang Cek In, Rizki menjelaskan pihak bandara sudah membuat skenario antrian agar tidak terjadi penumpukan penumpang.

BACA JUGA:   Ansar Serahkan Insentif dan Bantuan Hibah Senilai Rp62 Miliar di Kota Batam

Dia juga menghimbau para pemudik jika membutuhkan informasi supaya mendatangi posko arus mudik lebaran yang ada di BIB Hang Nadim Batam.”Petugas yang berjaga di sana dari lintas sektoral siap memberikan informasi maupun layanan yang dibutuhkan para penumpang,”katanya. (*/man)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER