Saturday, June 15, 2024
Google search engine
HomeEkonomi BisnisSimak Kandungan Bahan Aktif Skincare dan Tips Memilih Sesuai Tipe Kulit

Simak Kandungan Bahan Aktif Skincare dan Tips Memilih Sesuai Tipe Kulit



Bisnis.com, JAKARTA – Banyak sekali jenis kandungan pada skincare antara lain yakni bahan aktif yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan bahan aktif yang mengandung probiotik seperti Alpha-Hydroxy Acid (AHA), Hyaluronic Acid dan Coenzyme Q10.

Apa itu bahan aktif pada skincare?

Dilansir dari aromantic.co.uk dan masterclass.com, bahan aktif pada skincare merupakan bahan kimia yang bekerja secara aktif untuk mengatasi masalah pada kondisi wajah tertentu. Bahan aktif ini biasanya ditemukan pada produk skincare seperti pembersih, pelembab, serum, masker wajah dan sunscreen.

Pengguna skincare wajib memperhatikan bahan aktif didalamnya, karena bahan ini dapat merusak kulit wajah jauh lebih parah apabila digunakan dengan cara yang berlebihan.

Masalah wajah yang bisa dialami seperti iritasi, kemerahan, kulit kering dan jerawat untuk itu wajib mengetahui apa saja jenis dan manfaat bahan aktif pada skincare yang akan dipakai agar kulit tidak mengalami kerusakan.

Simak jenis dan manfaat kandungan bahan aktif pada skincare

1. Alpha-Hydroxy Acid (AHA)

Alpha-Hydroxy Acid (AHA) menjadi salah satu bahan aktif yang cukup populer akhir-akhir ini pada produk skincare khususnya produk eksfoliasi. AHA adalah eksfoliator kimia yang membantu dalam mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak pada wajah.

BACA JUGA:   Insiden Besi Crane Jatuh di Jalur MRT, Polisi Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Sebelum banyaknya skincare yang menggunakan kandungan ini, banyak orang yang melakukan eksfoliasi dengan menggunakan produk eksfoliasi fisik abrasif. Jenis eksfoliasi ini mempunyai tekstur yang sedikit kasar sehingga menyebabkan sebagian orang yang memiliki kulit sensitif mengalami iritasi pada wajahnya. 

Namun sekarang sudah banyak sekali produk eksfoliasi dengan kandungan AHA, produk ini sangat membantu bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif karena cara kerja AHA ini sangat efisien yakni tanpa harus menggosokan kepada kulit secara langsung seperti pada produk eksfoliasi abrasif.

AHA mempunyai banyak kandungan antara lain seperti asam glikolat, laktat, dan mandelat. Kandungan inilah yang akan membantu dalam menciptakan kulit bersih tanpa adanya masalah.

2. Hyaluronic Acid (HA)

Zat asam hialuronat sebenarnya terdapat secara alami didalam tubuh manusia antara lain pada kulit dan sendi. Namun seiring berjalannya waktu zat ini akan mengalami penurunan produksi yakni tepatnya pada usia 30 tahun untuk itu diperlukannya perawatan dari luar agar kulit wajah tetap mendapatkan nutrisinya. 

BACA JUGA:   Yang Ikuti Jejak Lo Kheng Hong di Saham Emiten Hary Tanoe BMTR


Hyaluronic Acid (HA) merupakan salah satu dari banyaknya bahan aktif yang dibutuhkan kulit wajah untuk mendapatkan kembali asam hialuronat yang menghilang sehingga bahan ini seringkali dijumpai dibeberapa jenis produk skincare. Bahan ini membantu kulit dalam menjaga kelembabannya yakni melalui kemampuannya untuk menahan air hingga 1000 kali.

Penggunaan produk skincare Hyaluronic Acid (HA) dapat digunakan bersama dengan produk yang mengandung vitamin C, dua bahan ini dapat membantu dalam menghasilkan kulit wajah yang lembab dan cerah.

3. Beta Hydroxy Acid (BHA)

Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah bahan aktif asam salisilat atau asam beta hidroksi yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini karena banyaknya manfaat yang diberikan bahan ini untuk kesehatan wajah.

And bisaa menggunakan produk yang memiliki kandungan BHA didalamnya membantu dalam upaya mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat sehingga peradangan tidak akan terjadi.

Adapun manfaat lain yang diberikan bahan aktif ini yakni dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih pada kulit, menyamarkan pori-pori yang besar dan memperhalus kulit wajah.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Hadiri Pelantikan Rumpun Melanesia Bersatu Kepri

4. Vitamin C

Tidak bisa dipungking banyak sekali jenis produk skincare yang mengandung vitamin C mulai dari sabun wajah, pelembab hingga sunscreen. 

Vitamin C merupakan bahan aktif yang mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam mencerahkan kulit wajah, tidak hanya itu saja adapun manfaat lainnya yakni dapat membantu dalam melawan kerusakan akibat paparan sinar UV dan mendukung dalam meningkatkan kinerja tabir surya.

5. Vitamin E

Salah satu jenis kandungan vitamin yang cukup populer pada skincare yakni vitamin E, produk skincare yang mempunyai kandungan ini akan membantu dalam menjaga kulit dari paparan sinar UV dan memaksimalkan kinerja kandungan vitamin A.

Vitamin E mengandung antioksidan yang cukup kuat sehingga dapat berguna dalam mengatasi masalah pada wajah akibat radikal bebas selain itu kandungan ini juga dapat membantu dalam memperlambat oksidasi produk dan menyamarkan bekas luka pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google
News
dan WA Channel



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER