Sunday, March 3, 2024
Google search engine
HomeInternasionalSekjen PBB Kukuh Upayakan Gencatan Senjata di Gaza Usai Veto AS

Sekjen PBB Kukuh Upayakan Gencatan Senjata di Gaza Usai Veto AS




Jakarta, CNN Indonesia

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menegaskan akan tetap mengupayakan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, Palestina.

Hal ini disampaikan Guterres saat berbicara di Forum Doha. Dia menyampaikankorban sipil yang terus berjatuhan selama perang terjadi. 

“Saya tidak akan menyerah dalam upaya mewujudkan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza,” kata Guterres melansir Al-JazeeraMinggu (10/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, situasi ini telah menjadi bencana kemanusiaan yang cukup besar bagi rakyat Palestina. Perdamaian dan keamanan yang semakin memburuk di wilayah itu.

BACA JUGA:   Kemlu Buka Suara soal Isu Menlu Retno Mundur dari Kabinet Jokowi

“Kami belum pernah melihat begitu banyak korban sipil dalam waktu sesingkat ini selama saya menjalankan mandat di PBB,” katanya.

Gutteres menilai upaya yang serius untuk membawa lembaga global dalam mengatasi konflik tersebut harus dilakukan. Apalagi, ia mengakui Dewan Keamanan (DK) PBB sulit mengeluarkan resolusi yang mendesak gencatan senjata di Gaza.

Pasalnya, resolusi PBB terkait gencatan kemanusiaan di Gaza telah di veto oleh Amerika Serikat. Veto itu diberikan saat pemungutan suara DK PBB atas konflik di Gaza yang berlangsung pada Jumat (8/12) waktu setempat.

Perwakilan AS di PBB Robert Wood menyebut resolusi itu berbeda dengan kenyataannya dan tidak akan memberikan dampak positif di lapangan.

BACA JUGA:   Kian Sesak, Pengungsi Gaza Bertahan di 1 Tenda untuk 15 Orang

Dalam pemungutan suara, 13 anggota DK PBB mendukung rancangan resolusi singkat yang diajukan Uni Emirat Arab, Amerika memveto dan Inggris abstain dalam pemungutan suara itu.

Resolusi bisa diadopsi jika mengantongi persetujuan sembilan anggota dengan tidak ada negara anggota tetap yang memakai hak vetonya.

Selama agresi Israel, DK PBB menjadi sorotan lantaran berulang kali gagal mengeluarkan resolusi atau bahkan pernyataan kemanusiaan tentang situasi di Jalur Gaza yang kian mengkhawatirkan.

[Gambas:Video CNN]

(tst/pta)





Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER