Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeNasionalKapolri Beri Perhatian Upaya Evakuasi Pendaki Korban Erupsi Marapi

Kapolri Beri Perhatian Upaya Evakuasi Pendaki Korban Erupsi Marapi


TEMPO.CO, Jakarta – Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan kepolisian sudah memberikan respons bantuan bagi korban erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat. Salah satunya, kata dia, dengan mengirimkan personel untuk membantu evakuasi pendaki yang terjebak di gunung itu.

Listyo Sigit berujar personel yang dikirim berasal dari kepolisian daerah setempat di kawasan Gunung Marapi. “Untuk masalah peristiwa bencana yang terjadi, kami tentunya segera dan saat ini saya kira wilayah sudah menurunkan tim untuk melakukan langkah-langkah mitigasi,” kata Listyo Sigit saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Listyo Sigit, kepolisian sedang melakukan evakuasi dan pertolongan kepada para korban. “Kemudian langkah-langkah lanjut, termasuk pertolongan dan sebagainya, saat ini sedang dilaksanakan,” ujar dia.

BACA JUGA:   Bawaslu Percepat Penanganan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat Komisaris Besar Dwi Sulistyawan menyatakan pihaknya telah mengirim personel untuk membantu penanganan bencana alam akibat erupsi Gunung Marapi. “Sejak semalam sudah diturunkan,” kata dia melalui keterangan tertulis pada Senin, 4 Desember 2023.

Erupsi Gunung Marapi yang berada di Tanah Datar, Sumatera Barat, terjadi pada Minggu siang, 3 Desember 2023. Personel yang diturunkan dari Direktorat Samapta dan Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumbar.

Dwi Sulistyawan mengatakan, bantuan personel kepolisian itu untuk membantu evakuasi korban yang terjebak di Gunung Marapi pasca-erupsi. Kepolisian Resor terdekat di Sumatera Barat pun sudah diturunkan dalam penanganan korban.  

Iklan

Diketahui, saat ini Tim SAR gabungan masih mengupayakan proses evakuasi sejumlah pendaki yang masih terjebak. Kepala Kantor SAR Kelas A Padang Abdul Malik mengatakan erupsi Marapi yang terus terjadi menjadi kendala utama tim.

BACA JUGA:   Erina Gudono di Bursa Pilkada Sleman, Gerindra Bantah Politik Balas Budi Keluarga Jokowi

“Tim terkendala karena erupsi terus terjadi di kawah Gunung Marapi Sumatera Barat, hari ini saja kami menghitung ada 6 kali,” ujarnya di Pos Jalur Pendakian Marapi Via Batu Palano pada Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Abdul Malik, masih ada 10 pendaki yang belum ditemukan. Dugaan tim di lapangan para pendaki tersebut berada di sekitar kawah. Hal tersebut berdasarkan penemuan 2 pendaki oleh masyarakat pada Senin 4 Desember 2023.

Pilihan Editor: Pengacara Kabarkan Kondisi Terkini Ghisca Mahasiswi Tersangka Penipuan Tiket Konser Coldplay yang Raup Rp 5,1 Miliar





Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER