Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeInternasionalAS Bombardir Irak dengan Serangan Udara, Tewaskan Militan Kataib

AS Bombardir Irak dengan Serangan Udara, Tewaskan Militan Kataib




Jakarta, CNN Indonesia

Militer Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara ke tiga lokasi di Irak yang digunakan oleh Kataib Hizbullah dan kelompok afiliasinya pada Senin (25/12) malam.

Dilansir CNN, Komando militer AS memperkirakan serangan udara yang diperintahkan Presiden Joe Biden itu kemungkinan menewaskan sejumlah militan Kataib Hizbullah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aksi itu dilakukan usai terjadi serangan pesawat tak berawak di pangkalan udara Erbil di Irak pada Senin pagi yang menyebabkan tiga anggota militer AS terluka, dan salah seorang di antaranya masih dalam kondisi kritis hingga kini.

BACA JUGA:   Angelina Jolie Pro Palestina, Gal Gadot Pro Israel, Netizen: Ternyata Villain Sebenarnya Wonder Woman, Bukan Maleficent

Menteri Pertahanan Lloyd Austin menyebut serangan udara AS yang merupakan aksi pembalasan itu ‘perlu dan proporsional’.

Kendati demikian, berdasarkan laporan, mereka mengklaim tidak ada indikasi bahwa serangan itu berdampak atau melukai warga sipil.

Berdasarkan keterangan di situs Direktur Intelijen Nasional AS (DNI). Kataib Hizbullah merupakan kelompok militan Syiah yang disebut menimbulkan ancaman besar terhadap personel AS di Irak dan Suriah.

Dikatakan bahwa kelompok tersebut ingin mengusir pasukan AS dan koalisi dari Irak dan membentuk pemerintahan yang berpihak pada Iran di sana. Kelompok itu juga disebut-sebut beroperasi di Suriah.

(khr/tsa)

BACA JUGA:   Marcos Emoh Serahkan Duterte ke Mahkamah Pidana Internasional

[Gambas:Video CNN]





Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER