Saturday, March 2, 2024
Google search engine
HomeNasionalTKN Bilang Prabowo dan Gibran Bereaksi karena Ditanya soal Putusan MK

TKN Bilang Prabowo dan Gibran Bereaksi karena Ditanya soal Putusan MK

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Utje Gustaaf Patty, menuding dua calon presiden, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, memancing emosi Prabowo dalam debat capres pada Selasa, 12 Desember 2023. Capres nomor 2 itu pun merespons dengan mengernyitkan bibir dan mengeluarkan lidah.

Selain itu, Gibran menanggapinya dengan memberi reaksi bersorak di tengah jalannya debat. “Mereka mancing, mereka sudah dilarang, kok,” kata Utje kepada Tempo melalui sambungan telepon, Kamis, 14 Desember 2023.

Utje mengatakan, satu hal yang memancing reaksi Prabowo dan Gibran adalah pertanyaan capres Ganjar Pranowo. “Pak Prabowo luar biasa. Tapi dalam konteks kekinian, terpaksa saya bertanya, apa komentar Pak Prabowo terhadap putusan MK yang melahirkan MKMK,” tutur Ganjar.

BACA JUGA:   Yusril Jadi Kuasa Hukum Prabowo-Gibran Hadapi Gugatan di PN Jakpus

Namun moderator langsung memotong pertanyaan itu dan mengalihkan ke capres Anies Baswedan untuk memberikan tanggapan. “Gak boleh tanya jawab,” ujar moderator. “Pertanyaan Pak Ganjar itu ditegur enggak sama moderator? Jadi yang paling (utama) pihak yang lain,” tutur Utje.

Dia mengatakan, dua capres lain itu mengenal psikologis Prabowo. “Itu kan pertanyaan yang seharusnya tidak boleh. Karena bisa saja kami mendesak paslon kami untuk berbicara film boke*. Etis enggak? Enggak etis sama sekali,” ujar dia.

Dia mengklaim antara capres ini sudah bersepakat untuk tidak membicarakan putusan Mahkamah Konstitusi. Putusan itu menimbulkan kontroversi karena dianggap terjadi pelanggaran etik dalam putusan batas usia capres-cawapres 40 tahun. Putusan ini menjadi dasar bagi koalisi Prabowo menjadikan Gibran sebagai cawapres.

BACA JUGA:   Syarat Sulit Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia: Fokus pada Poin Fair Play

Iklan

Menurut Utje, sudah ada kesepakatan untuk debat tak dilakukan dengan saling sindir. Seharusnya debat dijalankan dengan membahas perihal program visi misi. “Kan sudah (sepakat) sejak awal. Kalau kita mau menjalankan pemilu bermartabat, jangan saling sindir,” ujar dia.

Lantaran pertanyaan perihal putusan MK tersebut, Gibran yang duduk di kursi langsung berdiri. Dia tampak mengangkat kedua tangannya sambil bersorak dan mengajak pendukung lain untuk bersorak-sorai. “Reaksi Gibran itu sebenarnya reaksi meledek,” tutur Utje.

Debat pertama pada Selasa malam, 12 Desember 2023 itu mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Pada debat kedua, KPU mengusulkan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN/APBD), infrastruktur, dan perkotaan. Debat kedua ini akan berlangsung di hotel pada 22 Desember 2023.

BACA JUGA:   Profil Bio Paulin, Eks Persipura Jayapura yang Jadi Caleg 2024

Pilihan Editor: Sederet Blunder Gibran: Gestur Ajak Pendukung Bersorak saat Debat hingga Asam Sulfat



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER