Saturday, May 18, 2024
Google search engine
HomeNasionalModerator dan Panelis Tak Akan Ajukan Pertanyaan Pendalaman saat Debat Pilpres

Moderator dan Panelis Tak Akan Ajukan Pertanyaan Pendalaman saat Debat Pilpres

Suara.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengemukakan moderator dan panelis tidak akan memberi pertanyaan pendalaman kepada masing-masing calon presiden (capres) saat debat.

Pada debat yang akan digelar besok, masing -masing capres akan memilih pertanyaan secara acak dari 18 pertanyaan yang sudah disiapkan oleh 11 orang panelis. Kemudian, pertanyaan tersebut akan dibacakan oleh moderator, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

“Semuanya akan dari moderator. Apa-apa yang menjadi gagasan panelis, kalau pertanyaan, nanti yang sampaikan moderator,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar masing-masing capres mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk saling berinteraksi satu sama lain.

BACA JUGA:   Hasil BATC: Lanny/Ribka Bawa Indonesia Unggul 2-0 Atas Malaysia

“Kalau seperti itu, kesempatan antarcapres berinteraksi berkurang. Justru yang kami utamakan itu interaksi yang paling banyak antarcalon,” ujar Hasyim.

Diberitakan sebelumnya, Hasyim menjelaskan total acara akan berlangsung selama 150 menit. Namun, durasi debat sendiri selama 120 menit dan 30 menit lainnya merupakan jeda iklan yang diletakkan di antara enam segmen debat.

Dalam enam segmen tersebut, Hasyim mengklaim akan memberikan kesempatan lebih besar kepada para capres untuk saling berinteraksi.

Pada segmen pertama, debat diawali dengan pembacaan tata tertib yang dipimpin oleh 2 moderator yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Setelahnya, masing-masing capres diberikan kesempatan memaparkan visi-misi dan program selama 4 menit.

Hasyim menjelaskan segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima memiliki format yang serupa yaitu capres menjawab pertanyaan dari moderator yang telah dirumuskan oleh 11 panelis.

BACA JUGA:   TKN Yakin Maruarar Bakal Dukung Prabowo-Gibran Usai Pamit dari PDIP

Pada empat segmen ini, masing-masing capres nantinya akan mengambil pertanyaan secara acak untuk dijawab. Kemudian, dua capres lainnya dipersilakan untuk menanggapi jawaban capres sebelumnya.

“Misalkan, kesempatan pertama, si calon A itu menjawab pertanyaan moderator, calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikam oleh calon A,” kata Hasyim.

“Setelah ditanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu,” lanjut dia.

Lalu pada segmen keenam, para capres akan memberikan pernyataan penutup.

Sekadar informasi, debat perdana yang akan diikuti para calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan digelar besok, Selasa (12/12/2023) di Kantor KPU. Debat tersebut rencananya akan digelar pukul 19.00 WIB.

BACA JUGA:   Latihan Perdana Timnas Indonesia Dihadiri 22 Pemain, Empat Absen

Adapun tema yang akan dibahas ialah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, penanganan disinformasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER