Saturday, May 18, 2024
Google search engine
HomeBatamJemaah Calon Haji Embarkasi Batam Mulai Berangkat ke Tanah Suci

Jemaah Calon Haji Embarkasi Batam Mulai Berangkat ke Tanah Suci

BATAMINSTA.COM, BATAM – Sebanyak 369 Jemaah Calon Haji Kloter I Embarkasi Batam mulai menghuni kamar-kamar di Asrama Haji Batam pada Selasa (23/5/2023).
Kloter I tersebut berasal dari Kabupaten Lingga, Karimun, Anambas dan Batam.

Calon jemaah haji dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam pada Rabu (24/5/2023) pagi.

Sejumlah jemaah haji asal Kabupaten Karimun begitu datang langsung diarahkan ke aula Asrama Haji untuk menjalani serangkaian kegiatan.

Petugas Jemaah Haji, Riadul Afkar yang menangani khusus Lansia mengatakan, proses yang dijalani jemaah haji begitu memasuki asrama Haji Batam mencakup pemeriksaan kesehatan, hingga pembagian paspor.

“Jadi di lokasi disediakan empat meja atau empat pos yang terdiri dari pos pemeriksaan kesehatan, pos pengambilan paspor, hingga pos pengambilan Id Card atau tanda pengenal jamaah haji,”katanya.

BACA JUGA:   Skuad Red Sparks Berubah, Semangat Sang Kapten Tetap Menyala

Para lansia diberikan kesempatan pertama untuk menjalani serangkaian kegiatan sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Kategori lansia dimaksud yakni mereka yang berusia di atas 60 tahun. Khusus para lansia yang tidak kuat berjalan, atau berjalan namun memerlukan bantuan tambahan diberikan prioritas utama.

Sejumlah jemaah calon haji kategori lansia berjalan ke setiap pos pelayanan dengan menggunakan kursi roda dan sebagian dibantu berjalan oleh petugas khusus yang selalu standby di lokasi.

Di tengah kondisi mereka saat ini, sejumlah jemaah calon haji tampak semangat menjalani rangkaian kegiatan pra pemberangkatan ke tanah suci.
Ma’ruf, salah satu calon jemaah Haji mengatakan, dirinya 10 tahun menanti untuk menunaikan misi suci, yakni ibadah haji ke tanah Suci Mekah.

BACA JUGA:   5 Film Disney dengan Lagu Ikonik yang Cocok untuk Nostalgia

“10 tahun lebih, harusnya berangkat pada 2022 lalu, cuma waktu itu ada Covid-19 sehingga baru sekarang ditunaikan,”ucapnya dengan penuh rasa haru.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kementerian Agama Kepri, Muhammad Syafi’i mengatakan, calon haji kelompok terbang atau kloter I Embarkasi Batam dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Rabu (24/5/2023) pagi.

Berdasarkan informasi keberangkatan kloter pertama akan dilepas oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad pada Rabu pagi, sekitar pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan data yang ada, calon jemaah haji Embarkasi Batam kloter pertama berjumlah 315 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 101 jemaah datang dari Kabupaten Natuna, 41 jemaah asal Anambas dan Lingga, Batam 24 jemaah dan Karimun 149 jemaah.
“Insya Allah keberangkatan para jemaah calon haji dilepas Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad pada Rabu pagi,”katanya. (*/man)

BACA JUGA:   Alonso: Leverkusen Tak Lupakan Rasa Sakit dari Roma Tahun Lalu
BERITA TERKAIT

BERITA POPULER