Sunday, March 3, 2024
Google search engine
HomeNasionalFakta-fakta Kecelakaan Kereta Api & Elf di Lumajang yang Tewaskan 11 Orang

Fakta-fakta Kecelakaan Kereta Api & Elf di Lumajang yang Tewaskan 11 Orang

BATAMINSTA.COM, Jakarta – Mobil Isuzu Elf tertabrak KA Probowangi di pelintasan tak berpalang pintu di Lumajang, Jawa Timur. Kecelakaan KA Probowangi di Lumajang tersebut menewaskan 11 orang yang merupakan rombongan dari Surabaya.

Lalu, bagaimana awal mula kejadiannya? Simak informasi berikut ini.

Mobil Isuzu Elf N 7646 T tertabrak KA Probowangi di pelintasan tak berpalang pintu di Dusun Prayuwana, Desa Ranupakis, Klakah Lumajang. Plh Manajer Hukum dan Humas PT KAi Daops 9 Anwar Yuli Prasetyo mengatakan kecelakaan kereta di Lumajang itu terjadi sekitar pukul 19.53 WIB, Minggu (19/11/2023).

Saat itu, Elf tiba-tiba masuk di pelintasan tak berpalang pintu di Dusun Prayuwana, Desa Ranupakis, Klakah Lumajang. Akibatnya, minibus tersebut dalam keadaan ringsek usai tertabrak kereta api.

“Minibus Elf ini tiba-tiba masuk ke pelintasan tanpa palang pintu,” kata Anwar, dikutip dari detikJatim, Minggu (19/11/2023).

2. Kereta Terlambat 13 Menit Usai Kecelakaan
Kereta api Probowangi menabrak Isuzu Elf di Lumajang, Jawa Timur. Akibatnya, kereta tersebut mengalami keterlambatan selama 13 menit.

“Akibat dari peristiwa tersebut KA Probowangi mengalami keterlambatan 13 menit berangkat dari lokasi. Sedangkan untuk minibus dan penumpangnya dievakuasi petugas kepolisian bersama warga ke RSUD dr Haryoto,” ujar Anwar, Minggu (19/11/2023).

BACA JUGA:   Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia Dihajar Iran 0-5

Anwar mengatakan bahwa KAI Daop 9 Jember menyesalkan terjadinya insiden itu dan mengimbau masyarakat pengguna kendaraan yang akan melintas di perlintasan sebidang KA agar selalu berhati-hati.

Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114, Pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

“Pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri serta memastikan tidak ada kereta yang mendekat,” kata Anwar.

3. 11 Orang Tewas, 4 Luka Berat
Sebanyak 11 meninggal dunia dalam kecelakaan Elf tertabrak KA Probowangi di pelintasan tak berpalang pintu di Dusun Prayuwana, Desa Ranupakis, Klakah Lumajang. Jenazah 11 korban itu telah dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang.

“Dari informasi ada 11 yang meninggal. 6 laki-laki, 5 perempuan. Seluruh korban sudah dibawa ke RSUD Lumajang,” kata Anggota Lantas Polres Lumajang Aiptu Supastianto, Minggu (19/11/2023).

BACA JUGA:   7 Lagu Paling Hits SEVENTEEN

Selain itu, empat orang mengalami luka berat akibat kecelakaan itu.

“Yang meninggal di RSU 11 orang, di IGD 3 orang (dirawat karena mengalami luka berat), dan 1 lagi di Puskesmas,” ujar Supastianto.

4. Identitas Korban Kecelakaan Kereta di Lumajang
Rombongan penumpang Isuzu Elf bernopol N 7646 T yang ditabrak KA Probowangi di Lumajang ternyata berasal dari Surabaya. Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang membenarkan data tersebut.

“Teridentifikasi 11, update meninggal dunia. (Terdiri dari) 6 laki-laki dan 5 perempuan. Kemudian yang luka sebanyak 4 orang. Dua luka berat, 2 lagi luka ringan. Sekarang semua sudah berada di RSUD dr Haryoto Lumajang,” kata Boy kepada wartawan, Senin (20/11/2023).

Berikut data korban Elf tertabrak KA Probowangi di RSUD dr Haryoto Lumajang.

Korban Tewas

  1. Tn. Riyono / Babatan Surabaya
  2. Ny. Yelis Agustiana / Dukuh Pakis Surabaya
  3. Tn. Gatot Hari Cahyono / Gubeng Surabaya
  4. Tn. Nur Muhamad/ Karang Pilang Surabaya
  5. Ny. Sunarti / Pakis Surabaya
  6. Ny. Sri Rahayu/ Simo Mulyo Baru Surabaya
  7. Tn. Edi Sugianto (57), Pakis Gunung Sawahan Surabaya
  8. Ny. Titik Ristianti (55), Putat Jaya C Timur, Surabaya
  9. Tn. Suyono (55), Tandes Surabaya
  10. Tn Soekarnoto (56), Putat Jaya C Timur Surabaya
  11. Belum teridentifikasi
BACA JUGA:   Pesona Kecantikan Selvi Ananda Jadi Perhatian: Mas Gibran Tegang Amat Mukanya

Korban Luka

  1. Tn. Warsito (60), Banyu Urip Wetan, Sawahan, Surabaya
  2. Tn. Bayu Trinanto (58), Kembang Kuning Kulon, Sawahan, Surabaya.
  3. Ny. Ardhika (57), Perumahan Grand Hasanah, Surabaya
  4. Cucu dari Ny. Sri Rahayu (8), Simo Mulyo Baru, Surabaya.

5. Rombongan Pulang dari Reuni SMA di Banyuwangi
Rombongan penumpang Elf yang tertabrak KA Probowangi di Lumajang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Rombongan ini hendak pulang ke Surabaya usai melakukan reuni SMA di Banyuwangi.

Keluarga salah satu korban tewas bernama Nur Muhammad, Muhammad Ghufron mengaku minibus tersebut merupakan rombongan alumni SMA Indah Mardi Surabaya yang melakukan temu alumni di Banyuwangi.

Namun, saat perjalanan pulang ke Surabaya, minibus tersebut tertabrak KA Probowangi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Lumajang.

“Rombongan asal Surabaya, dari Banyuwangi mau pulang ada acara reuni SMA kalau jumlahnya kurang tahu tadi dihubungi kapolres,” kata Ghufron ditemui di RSUD dr Haryoto, Senin (20/11/2023).

sumber: detik.com

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER