Thursday, April 18, 2024
Google search engine
HomeNasionalDitanya Kelanjutan Proyek IKN, Ganjar: Jelas Lanjut

Ditanya Kelanjutan Proyek IKN, Ganjar: Jelas Lanjut

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya akan melanjutkan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digagas Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ganjar menyebut IKN sudah ada Undang-Undang, artinya proyek itu harus dilanjutkan.  

“Apakah IKN lanjut tidak? Jelas lanjut. Karena sudah ada Undang-Undang. Siapapun pemimpin yang dilantik itu disumpah bunyi satu, akan melaksanakan undang-undang (UU). Nah, IKN itu sudah ada undang-undangnya, maka harus dilanjutkan,” kata Ganjar saat bertemu tokoh agama di Aula Katedral Samarinda, Kalimantan Timur, seperti dalam keterangan tertulis pada Rabu, 6 Desember 2023. 

Sebelumnya, Sekretaris Keuskupan Agung Samarinda Romo Welibrodus melemparkan pertanyaan kepada bekas Gubernur Jawa Tengah itu tentang  upaya melakukan pembangunan yang merata. Kemudian, Ganjar mengatakan proyek IKN membutuhkan waktu dan proses panjang. 

BACA JUGA:   Strategi Jokowi dan KPU Cegah Terulangnya Kematian Petugas KPPS

Meski demikian, ia mengatakan perlu pembangunan di daerah penunjang di sekitar IKN. “Namanya berproses pasti ya belum selesai. Maka satu sabar,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengatakan dalam pemerataan pembangunan itu  juga pentingnya kesiapan sumber daya manusia (SDM). Ganjar berjanji akan meningkatkan kualitas SDM dalam menyambut Indonesia semakin baik.

“Artinya dalam kesiapan SDM itu bisa terlibat dan kemudian menjangkau keahlian-keahlian yang di sana,” tutur Ganjar.

Ganjar Pranowo Kunjungi IKN dan Samarinda Hari Ini 

Ganjar Pranowo mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN)  di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis pagi, 7 Desember 2023 pukul 09.55 waktu setempat. Lawatannya itu masih dalam rangka program kampanye di Kalimantan Timur sejak kemarin. 

BACA JUGA:   Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris Di Ngawi, HP Hingga Laptop Disita

Di sana, calon presiden nomor urut 3 itu akan ke Rumah Teknologi IKN pukul 09.55. Selain itu, ia akan mengunjungi titik nol IKN Pemaluan, Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada pukul 10.35. Kemudian, ia akan ke Menara Pandang IKN pada pukul 11.10. 

Iklan

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tempo, bekas Gubernur Jawa Tengah itu akan ke Balikpapan usai rampung di IKN. Dia dijadwalkan ke Balikpapan pada pukul 15.40 untuk menghadiri dialog mahasiswa di Novotel Balikpapan. 

Sementara itu, calon wakil presiden Mahfud Md., akan memberikan sambutan pada Acara dengan Mahasiswa se-Malang Raya di Universitas Brawijaya pada Kamis, siang, pukul 13.00 melalui Zoom. Sambutan itu Mahfud berikan sembari menunggu jadwal penerbangannya ke Malaysia di Bandara Halim Perdana Kusuma pada pukul 14.00. 

BACA JUGA:   Telkom Sukses Selenggarakan AKHLAK Culture Festival TelkomGroup 2023

Di Negeri Jiran itu, Mahfud dijadwalkan akan menghadiri sholawat dan istighosah kebangsaan pada pukul 20.00 waktu setempat di PWTC, 41 Jalan Tun Ismail. 

Kemudian, pada Jumat, 8 Desember 2023, Mahfud menghadiri Dialog Kebangsaan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia se-Malaysia di Rizt Carlton Malaysia pada pukul 09.00.

Sementara itu, pada pukul 13.30 akan melakukan pertemuan dengan PM Malaysia di Perdana Putra. Usai dari sini, Mahfud akan kembali ke Indonesia pada pukul 16.00 melalui Bandara Subang ke Halim Perdana Kusuma. 

Pilihan Editor: Menjelang Debat Capres Cawapres, TPN Tak Siapkan Pakar Khusus untuk Ganjar-Mahfud



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER