Saturday, June 15, 2024
Google search engine
HomeNasionalFirli Bahuri Minta Maaf ke Presiden Jokowi dan Minta Surat Pengunduran Dirinya...

Firli Bahuri Minta Maaf ke Presiden Jokowi dan Minta Surat Pengunduran Dirinya Diterima

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengundurkan diri dari jabatan Ketua KPK periode 2019-2023. Firli meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena tak menyelesaikan perpanjangan masa jabatan hingga 20 Desember 2024.

“Saya mohon kepada pak presiden berkenan menerima permohonan maaf kami. Sekaligus atas nama keluarga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat selama kami pengabdian kepada bangsa negara selama 40 tahun,” ujar purnawirawan Polri bintang tiga itu, di Gedung ACLC KPK, Kamis malam, 21 Desember 2023.

Firli juga meminta maaf kepada insan KPK selama dirinya menjabat sebagai ketua selama 4 tahun. Apalagi, diketahui mundurnya Firli berbarengan dengan pemeriksaan dirinya sebagai tersangka di Polda Metro Jaya dan berlangsungnya sidang etik di Dewas KPK.

BACA JUGA:   BP Batam Sampaikan Sasaran Strategis 2024 di Hadapan Komisi VI DPR RI

“Mohon maaf rekan-rekan atas kesalahan saya, dan kepada sejawat saya, rekan rekan insan KPK saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada saya selama menjabat 4 tahun sebagai Ketua KPK,” ujarnya.

Ia meminta kepada publik agar diberikan kesempatan menjalankan kehidupan sebagai purnawirawan Polri usai mengundurkan diri dari jabatan Ketua KPK. “Berikan kesempatan saya, anak, dan istri saya untuk menjalankan kehidupan. Sebagai rakyat jelata dan juga sebagai anak bangsa Indonesia yang cinta kepada negaranya,” kata dia.

Iklan

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara sudah menerima surat pengunduran diri Firli Bahuri dari jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat tertanggal 18 Desember 2023 dari Bapak Firli Bahuri kepada Presiden yang menyampaikan pengunduran diri beliau dari Jabatan Ketua dan Pimpinan KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat pada Kamis, 21 Desember 2023.

BACA JUGA:   Stasiun Baru Tanah Abang Bakal Dibangun Mei 2024, Pengamat Ingatkan Hal Ini

Ari menyatakan surat tersebut saat ini tengah diproses Sekretaris Negara. Setelah diproses, kata Ari, pengunduran diri Firli Bahuri akan segera ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

Menurut Ari, Presiden Joko Widodo alias Jokowi belum menerima surat pengunduran diri Firli Bahuri karena masih berada di luar Jakarta. Pada tanggal surat tersebut diterima, Jokowi diketahui sedang melakukan kunjungan kerja di Jepang.

Pilihan Editor: Surat Pengunduran Diri Ketua KPK Nonaktif Firli Bahuri Sudah Diterima Kemensetneg



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER