Thursday, April 18, 2024
Google search engine
HomeInternasionalWakil PM Australia di Depan Prabowo Tegaskan Tak Dukung Papua Merdeka

Wakil PM Australia di Depan Prabowo Tegaskan Tak Dukung Papua Merdeka




Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles MP menegaskan negaranya tidak mendukung gerakan separatis di Papua yang merongrong kedaulatan Indonesia.

Hal ini ia sampaikan usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kemenhan, Jakarta, Jumat (23/2).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami, Australia, mengakui sepenuhnya kedaulatan wilayah Indonesia. Titik. Dan tidak ada dukungan untuk gerakan kemerdekaan apa pun,” kata Marles saat ditanya ihwal sikap Australia terkait gerakan separatisme di Papua.

Marles menegaskan lagi bahwa Australia mendukung kedaulatan wilayah Indonesia, termasuk provinsi-provinsi yang sudah menjadi bagian dari NKRI.

BACA JUGA:   VIDEO: Pemimpin Yakuza Didakwa AS Menyelundupkan Bahan Nuklir

“Saya ingin memperjelas hal itu,” kata dia.

Selain itu, Marles mengatakan Australia tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia di bidang pertahanan.

Tujuannya supaya Indonesia dan Australia dapat membangun kekuatan pertahanan sehingga mampu memainkan peran menjaga keamanan kolektif di kawasan.

“Kita memiliki keamanan kolektif bersama dan itulah landasan bagi kita untuk bergerak maju dalam perencanaan pertahanan kita sendiri, dan kita bekerja sangat erat,” kata dia.

Sementara itu, Menhan Prabowo Subianto menyebut bakal ada kerja sama baru di bidang pertahanan antara Indonesia dengan Australia.

Dia belum merinci seperti apa kerja sama yang dimaksud. Prabowo hanya mengatakan kerja sama akan diteken dalam waktu dekat.

BACA JUGA:   Media Asing Soroti Puluhan Anggota KPPS Meninggal di Pemilu 2024 RI

“Dan kita merencanakan untuk waktu tak lama untuk tanda tangan perjanjian kerja sama pertahanan dengan Australia yang kemungkinan besar kita harapkan bisa selesai dan di tanda tangani dua atau tiga bulan lagi,” kata Prabowo.

(rzr/bac)

[Gambas:Video CNN]





Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER