Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeInternasionalTak Takut Veto AS, DK PBB Bakal Voting Resolusi soal Gaza Lagi

Tak Takut Veto AS, DK PBB Bakal Voting Resolusi soal Gaza Lagi



Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bakal menggelar pemungutan suara atas draf resolusi berisikan desakan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina, pada Senin (18/12) waktu New York, Amerika Serikat.

Pemungutan suara itu dilakukan terhadap draf resolusi terbaru yang disusun Uni Emirat Arab (UEA). Draf resolusi yang telah dilihat AFP itu menyerukan “Gencatan permusuhan yang mendesak dan berkelanjutan untuk memungkinkan akses kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan di Jalur Gaza.”


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Draf itu juga menegaskan dukungan terhadap solusi dua negara dan menekankan pentingnya “menyatukan Jalur Gaza dengan Tepi Barat di bawah Otoritas Palestina.”

BACA JUGA:   Biden Akui Serangan Iran Bisa Hancurkan Israel jika AS Telat

Rancangan resolusi itu juga tidak secara eksplisit menyebut nama Hamas. Kendati begitu, draf UEA menyerukan “pembebasan segera dan tanpa syarat terhadap semua sandera” dan mengutuk “semua serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil.”

Pemungutan suara ini bakal digelar di tengah tekanan komunitas internasional atas serangkaian serangan brutal Israel di Jalur Gaza belakangan, terutama sejak gencatan senjata 7 hari berakhir 1 Desember lalu.

Sejak gencatan senjata berakhir, Israel kembali melancarkan agresi ke Jalur Gaza bahkan semakin membabi buta.

Pemungutan suara resolusi di DK PBB ini juga dilakukan usai Amerika Serikat memveto draf resolusi terakhir DK PBB pada Jumat (8/12) yang menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan” di Palestina.

BACA JUGA:   AS Ancam Rezim Kim Jong Un Tamat Bila Korut Luncurkan Serangan Nuklir




Perwakilan AS di PBB Robert Wood saat itu beralasan resolusi yang juga dibuat UEA tersebut berbeda dengan kenyataan dan tidak akan memberikan dampak positif di lapangan.

Sejak perang Israel dan kelompok Hamas pecah awal Oktober lalu, DK PBB baru sekali meloloskan resolusi yang menyerukan jeda kemanusiaan.

Seluruh resolusi lain tak ada yang disepakati karena ‘perang’ veto negara-negara anggota tetap.

DK PBB sendiri terus menjadi sorotan lantaran berulang kali gagal mengeluarkan resolusi atau bahkan pernyataan kemanusiaan tentang situasi di Jalur Gaza yang kian mengkhawatirkan.

(blq/rds)

[Gambas:Video CNN]






Source link

BACA JUGA:   Israel Terus Serang di Gaza Usai Janji Dialog Gencatan Senjata
BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER