Sunday, May 19, 2024
Google search engine
HomeKepriPolisi Mulai Terapkan Tilang Manual, Bidik Pengendara yang Melanggar dan Pengemudi di...

Polisi Mulai Terapkan Tilang Manual, Bidik Pengendara yang Melanggar dan Pengemudi di Bawah Umur

BATAMINSTA.COM, LINGGA – Kepolisian Resor (Polres) Lingga akan menerapkan tilang pelanggaran lalu lintas secara manual, yang dimulai pada15 Mei 2023 mendatang.

Penerapan tilang manual ini, guna menertibkan para pengendara dalam mematuhi peraturan lalu lintas yang selama ini masih banyak yang melakukan pelanggaran.

Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Lingga, AKP Bakri mengatakan, bahwa tilang manual ini akan dilakukan dengan tindakan seperti menertibkan pengendara di bawah umur.

Hal itu juga diperuntukkan bagi mereka yang berboncengan lebih dari satu orang, menggunakan handphone saat berkendara, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, melampaui batas kecepatan maksimal, berkendara dalam pengaruh alkohol dan perlengkapan tidak sesuai dengan over dimensi.

BACA JUGA:   Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Bakesbangpol Prov.Kepri Launching Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih tahun 2023&Sosialisasi Pembumian Nilai-Nilai Pancasila

“Insyallah di Lingga akan diberlakukan apabila pengendara tersebut sangat-sangat membahayakan bagi keselamatan pengendara lainnya,” kata Bakri, Kamis (11/5/2023).

Menurutnya pengguna jalan lalu lintas di Lingga sudah cukup baik, namun masih ditemukan pengendara yang tidak menggunakan helm SNI.

“Oleh karena itu kita akan terus melakukan himbauan dan penertiban sesuai dengan aturan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan pengguna jalan raya,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Lingga ini menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan, agar segera mematuhi dan melengkapi segala sarana prasarana untuk kelengkapan kendaraan sepeda motor, baik itu helm dan penggunaan kaca spion.

“Kita harapkan masyarakat dapat melengkapi surat maupun perlengkapan kendaraan baik helm maupun kaca spion,” katanya. (*/man)

BACA JUGA:   Dapat Sinyal Dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemprov Kepri Akan Rehabilitasi 3 HDPE di Kepri
BERITA TERKAIT

BERITA POPULER