Sunday, May 19, 2024
Google search engine
HomeInternasionalMenlu Retno: Satu Relawan MER-C Berhasil Dievakuasi dari Gaza

Menlu Retno: Satu Relawan MER-C Berhasil Dievakuasi dari Gaza




Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan seorang warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan relawan MER-C, Farid Zanzabil Al Ayubi, berhasil dievakuasi dari Gaza, Palestina pada Sabtu (9/12) sekitar pukul 19.00 WIB.

“Mas Farid adalah relawan MER-C yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara,” kata Retno dalam keterangan persnya, Sabtu.

Dia menerangkan sejak Rumah Sakit Indonesia tidak lagi beroperasi akibat serangan tiada henti dari Israel, Farid dan dua WNI lain yang juga relawan MER-C pindah ke Gaza selatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BACA JUGA:   Israel Paksa Pulangkan Pasien Palestina di Yerusalem Timur ke Gaza

Tapi, sambungnya, serangan Israel pun menyasar wilayah Gaza selatan.

“Situasi di Gaza masih sangat berbahaya. Israel masih terus melakukan serangan pasca selesainya jeda kemanusiaan,” kata Retno.

“Saat ini serangan Israel bahkan telah menyasar sebagian Gaza Selatan, terutama di wilayah Khan Younis. Gaza Selatan sebelumnya merupakan daerah yang relatif aman dibanding Gaza Utara,” imbuhnya.

Saat ini, Farid telah berada di perbatasan Rafah wilayah Mesir bersama tim evakuasi KBRI Kairo.

“Mas Farid adalah satu dari tiga relawan MER-C yang sejak awal memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Namun dalam perkembangannya, Mas Farid kemudian memutuskan dan meminta bantuan untuk evakuasi,” tutur Retno.

BACA JUGA:   Gempa M 7,1 di Vanuatu Picu Peringatan Tsunami

Dia menceritakan proses evakuasi Farid memerlukan waktu panjang dan proses yang sangat kompleks, terutama dalam upaya memasukkan namanya ke dalam daftar warga negara asing yang diizinkan melintas dari Gaza ke Mesir.

“Proses memasukkan nama ke daftar sekali lagi merupakan proses yang sangat tidak mudah. Sebagaimana diketahui, selama berlangsungnya jeda kemanusiaan, perbatasan Rafah juga tidak selalu terbuka untuk arus keluar karena prioritas diberikan bagi arus masuk bantuan kemanusiaan,” ujar Retno.

Setelah proses yang panjang dan rumit tersebut, kata dia, akhirnya Farid bisa keluar dari Gaza. Tim evakuasi KBRI Kairo selanjutnya akan membawa Farid ke Kairo dan memfasilitasi kepulangannya segera ke Indonesia.

(tim/kid)

BACA JUGA:   Sama dengan Indonesia, Arab Saudi Rayakan Idulfitri Hari Ini

[Gambas:Video CNN]





Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER