Saturday, March 2, 2024
Google search engine
HomeInternasionalAS Ancam Rezim Kim Jong Un Tamat Bila Korut Luncurkan Serangan Nuklir

AS Ancam Rezim Kim Jong Un Tamat Bila Korut Luncurkan Serangan Nuklir




Jakarta, CNN Indonesia

Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (16/12) merilis pernyataan yang mengulangi peringatannya kepada Korea Utara bahwa serangan nuklir kepada mereka akan berbuntut ‘berakhirnya rezim Kim’.

Pernyataan bersama oleh Kelompok Konsulitasi Nuklir AS-Korea Selatan itu juga menegaskan kembali bahwa setiap serangan nuklir yang dilakukan Korea Utara terhadap Korea Selatan ‘akan ditanggapi dengan respons cepat, luar biasa dan tegas’.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Amerika Serikat menegaskan lagi komitmennya yang teguh untuk memberi pencegahan lebih luas terhadap ROK (Republik Korea Selatan) yang didukung seluruh kemampuan AS termasuk nuklir,” tulis pernyataan yang dirilis Gedung Putih, diberitakan AFP.

BACA JUGA:   Eks PM Pakistan Imran Khan Divonis 10 Tahun Penjara, Kasus Apa?

Presiden AS Joe Biden juga telah mengeluarkan peringatan serupa pada April dahulu. Dia mengatakan setiap serangan nuklir oleh Korea Utara akan ‘mengakibatkan berakhirnya pemerintahan’.

Lima bulan sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memperingatkan bahwa serangan nuklir dari negara yang dipimpin Kim Jong Un itu terhadap AS atau sekutunya akan berarti ‘berakhirnya rezim Kim’.

Korea Utara tahun lalu mendeklarasikan dirinya sebagai negara dengan kekuatan nuklir yang ‘tidak dapat diubah’ dan sudah berulang kali menyatakan tidak akan pernah menghentikan program nuklir, yang dianggap penting buat kelangsungan hidup Korea Utara.

Bulan lalu Korea Utara berhasil menempatkan satelit mata-mata militer ke orbit. Sejak saat itu, mereka mengklaim bahwa mata mereka di langit sudah menyediakan gambar-gambar situs militer utama AS dan Korea Selatan. 

BACA JUGA:   Alasan Presiden Bongbong Dukung-Mau Ubah Konstitusi Filipina

(fea)

[Gambas:Video CNN]





Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER