Saturday, June 15, 2024
Google search engine
HomeEkonomi BisnisTransaksi di SPKLU Naik 5 Kali Lipat Lebaran 2024, Warga Mudik Pakai...

Transaksi di SPKLU Naik 5 Kali Lipat Lebaran 2024, Warga Mudik Pakai Mobil Listrik



Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN mencatat transaksi yang terjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) naik lima kali lipat saat mudik Lebaran 2024. Warga makin ramai yang mudik dengan menggunakan mobil listrik.

PLN sendiri menyiapkan 1.299 unit SPKLU yang tersebar di 879 lokasi guna memenuhi kebutuhan pengisian daya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penyediaan SPKLU memang menjadi salah satu fokus utama yang diperhatikan perseroan dalam libur Idulfitri tahun ini. Terlebih, animo penggunaan kendaraan listrik yang makin meningkat. 

“PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik. Kita ingin masyarakat merasakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman menggunakan kendaraan listrik,” kata Darmawan dalam keteranganya, Minggu (21/4/2024).

BACA JUGA:   Haramkan Ternak Diberi Pakan Campuran Darah Babi, MUI: Tidak Dapat Disertifikasi Halal

Tercatat, hingga H+7 Idulfitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi. 

Sejalan dengan peningkatan transaksi di SPKLU, jumlah konsumsi listrik juga ikut meningkat. Realisasi konsumsi listrik di SPKLU hingga H+7 Idulfitri 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 sebesar 43,5 MWh.

“Selama masa mudik Idul Fitri, kami juga menyiagakan lebih dari 3.500 petugas di setiap SPKLU yang membantu pengguna mobil listrik saat melakukan pengisian daya, sehingga pengguna mobil listrik bisa semakin nyaman,” ucapnya.

Lebih lanjut, Darmawan memprediksi pengguna kendaraan listrik akan terus meningkat setiap tahunnya. 

BACA JUGA:   Motif Menggantung Kasus Bunuh Diri Polisi 'Centeng' Pengusaha Jaksel

Untuk itu PLN akan terus memastikan SPKLU yang ada bisa beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik tetap nyaman dalam melakukan perjalanan jauh.

“Tahun ini menjadi pengalaman manis bagi pengguna kendaran listrik. Kami yakin dengan pengalaman tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Dan kami pastikan, PLN siap memberikan layanan terbaik,” ujar Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google
News
dan WA Channel



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER