Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeNasionalTim Pemenangan Sebut Dana Kampanye Anies Baswedan Rp 1 Miliar Masih Akan...

Tim Pemenangan Sebut Dana Kampanye Anies Baswedan Rp 1 Miliar Masih Akan Berkembang

TEMPO.CO, Jakarta – Tim Nasional Pemenangan Anies BaswedanMuhaimin Iskandar atau Timnas Amin mengatakan, dana kampanye sebesar Rp 1 miliar milik mereka yang telah diumumkan KPU masih akan terus berubah. Menurut Juru bicara Timnas Amin, Billy David dana tersebut masih rilisan pertama.

“Ya pasti angkanya akan berkembang, kalau menurut saya baik itu mingguan, dwi mingguan maupun bulanan,” katanya saat ditemui di Sekretariat Perubahan Timnas Amin, Rabu, 20 Desember 2023. 

Billy meyakini jika dana kampanye itu tak mungkin akan tetap di angka Rp 1 miliar. Adapun soal siapa yang menyumbang, Billy enggan mengomentari. 

“Tentu komitmen-komitmen itu ada. Biasanya kan irisannya macam-macam tuh, orang parpol ada juga yang backgroundnya sebagai pengusaha, orang parpol ada yang sebagai pebisnis, dan dari percakapan yang saya tahu sudah ada komitmen-komitmen itu,” kata dia. 

BACA JUGA:   Kata-kata Axelsen Usai Kalah dari Ginting: Sedih, Frustrasi, dan Malu

Meski dana kampanye Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kecil, Billy mengatakan mereka masih bisa terus kampanye karena dukungan yang besar dari para relawan dan pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut satu itu.

“Secara jumlah sedikit tapi kita lihat bahwa itu bisa diasumsikan ada dukungan yang tulus dri akar rumput, dri orang-orang simpatisan yang akan mendukung Amin untuk memberikan sumbangan,” katanya.

Iklan

Menurut dia, iuran terbesar itu bukan nilai rupiah, tapi kehadiran dari relawan di daerah.

Dalam rilis soal dana kampanye yang dikeluarkan KPU, pasangan Anies-Muhaimin merupakan yang paling sedikit duitnya yaitu Rp 1 miliar. Pasangan Prabowo-Gibran memiliki total dana kampanye Rp 31.438.800.000 dan pasangan Ganjar-Mahfud dengan dana kampanye total mencapai Rp 23.375.920.999.

BACA JUGA:   Momen Ganjar Bergantian Menyuapi Para Santri di Ponpes Bantul

Minimnya dana kampanye Anies membuat baliho calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan itu terlihat sedikit di lapangan. Bahkan para relawan membuat baliho sendiri dari karung plastik. Seperti yang terlihat di daerah Jalan Mohammad Kahfi, Jakarta Selatan terlihat beberapa spanduk dan baliho swadaya yang terbuat dari karung plastik.

Pilihan Editor: Dosen UI: Bawaslu Bisa Pakai Temuan PPATK Periksa Laporan Dana Kampanye



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER