Monday, March 4, 2024
Google search engine
HomeInternasionalPejabat AS ke Saudi Usai Biden Tegur Netanyahu soal Bom Asal-asalan

Pejabat AS ke Saudi Usai Biden Tegur Netanyahu soal Bom Asal-asalan



Jakarta, CNN Indonesia

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman (MBS) menjamu Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan usai Presiden AS Joe Biden memperingatkan Israel tentang pengeboman asal-asalan di Gaza.

Saudi dan AS bertemu membahas perang di Gaza dan upaya menciptakan perdamaian berkelanjutan antara Israel dan Palestina.

Pertemuan dilakukan sebelum pejabat AS menuju Israel untuk berbicara dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan anggota kabinet perang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip Aljazeera dari pernyataan Gedung Putih, MBS dan Sullivan membahas sejumlah masalah bilateral dan regional termasuk upaya menciptakan perdamaian abadi antara Israel dan Palestina.

BACA JUGA:   FOTO: Pilot Rusia yang Membelot ke Ukraina Ditemukan Tewas di Spanyol

Mereka juga membahas respons kemanusiaan di Gaza yang mencakup peningkatan aliran bantuan penting ke daerah yang kini sedang dikepung Israel.

Normalisasi hubungan Saudi dan Israel, serta pencegahan serangan Houthi yang sedang berlangsung terhadapa kapal komersial di Laut Merah juga masuk dalam agenda pembahasan.




Sebelumnya Biden memperingatkan Israel mengenai pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap warga sipil di Gaza.

“[Israel] mendapat dukungan dari sebagaian besar negara di dunia. [Tetapi] mereka mulai kehilangan dukungan karena pemboman tanpa pandang bulu,” kata Biden dalam acara penggalangan dana politik, Selasa (12/12).

Disebutkan pula Israel tidak bisa mengatakan tidak terhadap negara Palestina yang ditentang kelompok garis keras Israel termasuk pemerintahan Netanyahu.

Washington telah menyerukan selama berminggu-minggu agar Israel lebih berhati-hati untuk menghindari jatuhnya korban sipil. Saat ini lebih dari 18 ribu warga Palestina tewas dan hampir 50 ribu luka-luka karena serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober.

Gedung Putih menjelaskan Sullivan akan berdiskusi dengan Israel mengenai serangan ke kubu Hamas yang tidak akan mengorbankan banyak korban sipil.

(nva/nva)






Source link

BACA JUGA:   Malaysia Tangkap Pengemis WNI, Diduga Bisa Kantongi Rp33 Juta Sebulan
BERITA TERKAIT

BERITA POPULER