Saturday, June 15, 2024
Google search engine
HomeNasionalKampanye di Kaltim, Ganjar Berencana Sambangi IKN

Kampanye di Kaltim, Ganjar Berencana Sambangi IKN




Jakarta, CNN Indonesia

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berencana menyambangi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam lawatannya di Provinsi Kalimantan Timur.

Insyaallah (ke IKN). Nanti saya lihat jadwalnya, besok atau lusa,” kata Ganjar usai mengunjungi Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12).

Kendati demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah itu enggan menjelaskan lebih detail terkait lawatannya ke IKN. “Lihat besok,” imbuhnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ganjar Pranowo dijadwalkan berkampanye di Kalimantan Timur setidaknya hingga Rabu (6/12) atau Kamis (7/12).

Dia mendarat di Bandar Udara Internasional Sepinggan, Kota Balikpapan, dari Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa sekitar pukul 09.20 Wita, kemudian langsung berkunjung ke Pasar Baru, Klandasan Ilir.

BACA JUGA:   Deret Kecelakaan Maut Musim Mudik 2024

Ganjar melanjutkan kegiatan dengan berkunjung ke Rumah Pelatihan Kerja Disabilitas di Loka Bina Karya Balikpapan. Dia pun berkunjung ke Ponpes Syaichona Cholil Balikpapan.

Dalam kunjungannya di Ponpes Syaichona Cholil Balikpapan, Ganjar menyampaikan perlu adanya kolaborasi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik dari pengajar maupun pelajar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang produktif.

“Kalau kita bisa kembangkan sendiri dengan hasil riset dan evaluasi, kita kembangkan. Kalau kita tidak bisa, kita bisa bekerja sama atau kolaborasi,” kata Ganjar saat ditanya terkait bagaimana Ganjar meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan pelajar generasi muda yang akan jadi bonus demografi di 2030 mengingat ada banyak kampus internasional ingin membangun kampus di IKN.

BACA JUGA:   Pangdam Ingatkan Warga Jangan Ambil Proyektil Terpental dari Gudang

Ia tak menampik Indonesia dapat secara swadaya meningkatkan kapasitas tenaga pendidik hingga pelajar. Ganjar mengaku ada banyak tenaga pendidik hingga ahli manajemen pendidikan yang sudah memberikan masukan terhadap dirinya.

“Nanti teknisnya biar kawan-kawan menyiapkan dengan baik,” ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar tak mempermasalahkan bila pemerintah pada akhirnya melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Sebab, ada banyak perguruan tinggi internasional atau kelas dunia yang ingin membuka kampusnya di IKN. Salah satunya, perguruan tinggi asal Amerika Serikat (AS) Standford University.

Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) bersama dengan empat perusahaan teknologi informasi (IT) dan satu institut pendidikan AS berkolaborasi mewujudkan pembangunan kota di IKN Nusantara.

Empat perusahaan teknologi ternama dari AS yang menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan OIKN tersebut adalah Cisco, Autodesk, Microsoft, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

BACA JUGA:   Khofifah Klaim Jawa Timur Jadi Pusat Kemenangan Prabowo-Gibran

Keempat penandatanganan MoU tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

OIKN juga menjalin kolaborasi dengan Universitas Standford, Standford Doerr School of Sustainability untuk pusat riset dan penelitian serta inovasi di IKN.

Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022.

Nusantara mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]





Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER