Thursday, July 18, 2024
Google search engine
HomeInternasionalJokowi Bawa Isu Lingkungan hingga UMKM saat Pimpin KTT ASEAN - Jepang

Jokowi Bawa Isu Lingkungan hingga UMKM saat Pimpin KTT ASEAN – Jepang




Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pembahasan agenda keempat dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang di Tokyo.

Jokowi bicara di hadapan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan para pemimpin negara Asia Tenggara. Ia mengetuk palu sebagai penanda sidang dimulai.

“Pertemuan untuk membahas agenda keempat partners for co-creation of economic and society of the Future saya mulai,” ucap Jokowi dalam acara yang digelar di Hotel The Okura, Tokyo, Minggu (17/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi langsung memulai dengan usulan prioritas kerja sama antara Jepang dan ASEAN. Dia menilai ada dua arah utama kerja sama tersebut, yaitu kerja sama di lingkungan dan pengembangan UMKM.

BACA JUGA:   Kuwait, Qatar, dan UEA Kutuk Rencana Israel Serbu Rafah

Dia menyebut ada dua hal tentang lingkungan yang menjadi prioritas. Pertama, isu ketahanan pangan.

“Di sektor pangan, kita harus memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan melalui pengembangan teknologi, ketersediaan pupuk, dan penyelerasan standar komoditas pertanian,” ujarnya.

Lalu ada pembahasan tentang energi. Dia mendorong Jepang membantu negara-negara Asia Tenggara dalam transformasi menuju emisi nol.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengangkat isu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurutnya, perlu ada kerja sama untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM.

“ASEAN-Japan Center dapat membantu fasilitasi transformasi ini dan Indonesia sendiri telah menetapkan target digitalisasi UMKM di tahun 2024 sebanyak 30 juta UMKM,” ucap Jokowi.

BACA JUGA:   Serang Konvoi Bantuan Gaza, AS Sanksi Kelompok Ekstremis Israel

Setelah berbicara dua menit, Jokowi meminta Kishida untuk memberi tanggapan atas usulan-usulan tersebut.

Sebelumnya, Jokowi melakukan lawatan kenegaraan ke Jepang. Dia menghadiri KTT Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang.

Selain itu, Jokowi juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida. Dia juga dijadwalkan hadir pada KTT AZEC (Asia Zero Emission Community).

(dhf/sfr)

[Gambas:Video CNN]





Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER