Monday, March 4, 2024
Google search engine
HomeInternasionalHouthi Dukung Palestina, Separatis Yaman Selatan Malah Mau Bela Israel

Houthi Dukung Palestina, Separatis Yaman Selatan Malah Mau Bela Israel



Jakarta, CNN Indonesia

Separatis Yaman, Dewan Transisi Selatan (STC), malah menyatakan siap bela Israel untuk menyerang pemberontak Houthi yang dukung Palestina.

Dilansir dari Middle East Monitor, hal ini disampaikan STC setelah Houthi mengancam akan memblokir jalur kapal-kapal yang menuju Israel dari negara manapun, kecuali Gaza mendapatkan makanan dan obat-obatan yang diperlukan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Houthi berusaha menunjukkan solidaritasnya kepada warga Palestina.

Pemberontak Houthi di Yaman pada Senin (11/12) meluncurkan rudal jelajah ke sebuah kapal tanker Norwegia yang diduga memuat minyak untuk Israel.

BACA JUGA:   Ultimatum Baru Saudi ke Israel untuk Setop Agresi di Palestina

Bulan lalu, Houthi juga menangkap kapal yang diduga milik pengusaha Israel dan menargetkan setiap kapal Israel yang mencoba menyeberangi Laut Merah.

[Gambas:Video CNN]

Aidarous Al-Zubaidi, ketua STC, telah mengadakan beberapa pertemuan dengan pejabat dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat, serta pejabat lokal Yaman untuk membahas eskalasi Houthi di Laut Merah, dikutip dari The New Arab.

Al-Zubaidi dalam akun media sosial X menuliskan bahwa angkatan laut STC memegang peranan penting dalam jalur pelayaran internasional dan keamanan ekonomi komunitas internasional.

STC prihatin dalam menghadapi terorisme Houthi dan mengaku mendapat dukungan internasional, termasuk Israel.

STC yang selama ini didukung oleh UEA berupaya memisahkan diri dari Yaman.

BACA JUGA:   Israel Tutup Telinga dari Kritik AS, Serang Lagi Gaza Bunuh 9 Orang

Pada 2021, STC menyatakan siap menormalisasi hubungannya dengan Israel, jika Israel mengakui negara Yaman Selatan yang terpisah.

Perang saudara di Yaman dimulai pada 2014 ketika kelompok Houthi yang didukung Iran ibu kota Sana’a dari pemerintah yang diakui secara internasional.

Pemerintah yang diakui secara internasional didukung secara militer oleh Arab Saudi, sedangkan STC mendapat dukungan dari UEA.

(cpa/bac)






Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER