Thursday, July 18, 2024
Google search engine
HomeBacaan Doa untuk Palestina: Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa untuk Palestina: Arab, Latin, dan Artinya

BATAMINSTA.COM – Belakangan ini konflik yang terjadi di Palestina masih menjadi sorotan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Sebagai seorang muslim, doa yang tulus dapat dipanjatkan agar rakyat Palestina mendapatkan kekuatan dan ketabahan.

Dikutip detikJogja dari laman resmi Nahdlatul Ulama, doa qunut nazilah dapat dilafalkan ketika umat Islam tengah menghadapi isu-isu berat dalam kehidupan, seperti masalah keamanan, pertanian, bencana alam, hingga krisis kemanusiaan.

Qunut nazilah sendiri pernah diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW selama satu bulan setelah kehilangan beberapa sahabatnya dalam Tragedi Bir Maunah. Dalam praktiknya, qunut nazilah ini dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir dalam setiap shalat wajib lima waktu.

Dengan ketulusan hati, mari kita bersama-sama mendoakan agar perdamaian dan keadilan menyinari jalan di Palestina. Berikut doa qunut nazilah untuk Palestina, lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

BACA JUGA:   Hasil UFC 302: Duel Berdarah, Islam Makhachev Menang Submission

Doa Qunut Nazilah untuk Palestina

Masih mengutip laman Nahdlatul Ulama, qunut nazilah adalah bacaan doa yang disunnahkan untuk dibaca setiap sholat lima waktu setelah rukuk yang terakhir. Praktik ini bisa dilakukan oleh imam saat memimpin jamaah maupun oleh orang yang sedang menunaikan sholat sendirian.

Bacaan doa qunut nazilah untuk Palestina, berikut dengan latin dan artinya:

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

Allâhumma innâ nasta’înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla’u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na’budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas’â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq

BACA JUGA:   Cak Imin Mengaku Sedih Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Jadi Tersangka Korupsi

Artinya: “Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Tata Cara Doa Qunut Nazilah Untuk Palestina

Mengutip dari umsu.ac.id, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca doa qunut nazilah. Berikut penjelasannya:

Membaca doa qunut setelah rukuk pada saat rakaat terakhir di setiap sholat wajib
Membaca doa dengan suara yang pelan saat sholat Zuhur dan Asar dan membaca dengan suara yang keras pada saat sholat Subuh, Magrib, dan Isya, baik secara berjamaah maupun sendiri.

BACA JUGA:   Prediksi Susunan Pemain Spanyol vs Inggris: Lamine Yamal Bakal Merepotkan

Imam yang membacakan doa qunut nazilah dapat mengganti kata ganti sendiri dengan kata ganti jamak. Para jamaah hanya perlu mengamini.
Demikian bacaan doa qunut nazilah untuk Palestina, lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

sumber: detik.com

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER