Saturday, June 15, 2024
Google search engine
HomeNasionalAlasan PAN Siapkan Eko Patrio sebagai Calon Menteri Kabinet Prabowo

Alasan PAN Siapkan Eko Patrio sebagai Calon Menteri Kabinet Prabowo

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Saleh Partaonan Daulay, mengatakan partainya menyiapkan Ketua DPD PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio sebagai calon menteri dari partainya untuk membantu kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri,” ujar Saleh, dikutip melalui keterangan resminya pada Ahad, 5 Mei 2024.

Saleh menyebutkan, politik bersifat dinamis dan proses penyusunan kabinet masih berlangsung. Menurut dia, partai-partai pendukung belum mengetahui dengan pasti posisi yang akan diberikan kepada mereka, karena masih menunggu finalisasi dari komposisi kabinet yang mungkin sedang dilakukan.

BACA JUGA:   Erupsi Gunung Ruang: 50 Penerbangan Dibatalkan, 7 Bandara Ditutup

Termasuk juga PAN sebagai partai pendukung pemerintah, belum mengetahui secara spesifik posisi apa yang akan diberikan kepada mereka dalam kabinet yang baru. Namun, PAN telah menyiapkan kadernya untuk masuk ke dalam kabinet, salah satunya Eko Patrio.

Eko, kata dia, dianggap layak menjadi menteri karena berhasil dalam dunia bisnis maupun di lingkungan partai. Bahkan Eko Patrio telah berhasil memimpin PAN untuk meraih kursi dalam DPRD DKI Jakarta dan DPR RI, yang menunjukkan dedikasi dan ketekunan dalam kepemimpinan.

“Mas Eko berhasil memimpin PAN untuk meraih 10 kursi DPRD DKI dan 3 kursi DPR RI.  Itu bukti kegigihan dan kesungguhannya dalam memimpin,” imbuh politikus yang juga Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah itu.

BACA JUGA:   Tontonan Menarik untuk Libur Nataru di Viu dari My Happy Ending hingga Film The Moon

Terkait dengan kemungkinan posisi yang ditawarkan kepada PAN dalam kabinet, Saleh menegaskan bahwa PAN pasti akan memilih kader-kader terbaiknya untuk mengisi posisi tersebut. 

“Soal kabinet tadi, kan pasti ada posisi dimana mas Eko sangat menguasai. Nah, apakah posisi itu ditawarkan ke PAN? Kita tunggu saja. Tidak usah terburu-buru,” kata dia.

Iklan

PAN, kata dia, memiliki agenda besar untuk mendukung Prabowo, dan mereka akan memastikan bahwa posisi dan arah perjuangan politik partainya akan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Mas Eko itu politisi yang baik. Dia sekretaris saya di Fraksi PAN. Banyak tugas di DPR yang sukses dilaksanakan. Ya, pantaslah kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah seorang calon menteri,” tutur Saleh.

BACA JUGA:   Survei LSN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 49,5 Persen

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas), mengungkapkan ada beberapa nama yang akan diajukan sebagai calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran, salah satunya adalah Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio.

“Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya,” ujar Zulhas kepada wartawan, di SCBD, Jakarta Selatan, pada Ahad, 5 Mei 2024.

Meski demikian, Zulhas enggan membeberkan lebih lanjut terkait posisi yang akan ditawarkan pada Eko Patrio. “Nanti lah kita lihat, politik kan dinamis,” imbuh dia.

Pilihan editor: Pelaksanaan UTBK 2024 di Universitas Jambi Diikuti 9.412 Peserta



Source link

BERITA TERKAIT
spot_img

BERITA POPULER