Saturday, March 2, 2024
Google search engine
HomeBatamAnsar Serahkan Insentif dan Bantuan Hibah Senilai Rp62 Miliar di Kota Batam

Ansar Serahkan Insentif dan Bantuan Hibah Senilai Rp62 Miliar di Kota Batam

KEPRI-BATAMINSTA.COM-Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, secara simbolis menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat Kota Batam, Selasa (04/07). Bantuan yang diberikan meliputi insentif untuk RT dan RW, Posyandu Balita, Guru PAUD, dan bantuan hibah Rumah Ibadah. Penyerahan bantuan dilakukan di dua lokasi berbeda, yaitu Golden Prawn dan SMA Yos Sudarso.

Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberikan insentif kepada 3.395 RT dan 809 RW di Kota Batam, dengan total anggaran sebesar Rp5,04 miliar. Kecamatan Lubuk Baja menerima bantuan untuk 209 RT dan 49 RW dengan total anggaran sebesar Rp309,6 juta. Sementara itu, Kecamatan Nongsa menerima bantuan untuk 224 RT dan 58 RW dengan total anggaran sebesar Rp338,4 juta. Setiap RT dan RW menerima insentif sebesar Rp1,2 juta.

“Tahun 2022 lalu, kami telah memberikan insentif serupa, dan tahun ini kami melanjutkan program bantuan ini sebagai apresiasi kepada perangkat masyarakat yang telah mengabdi untuk kepentingan masyarakat,” kata Gubernur Ansar.

BACA JUGA:   Bertekad Menangkan Pileg dan Pilpres 2024, Gerindra Gelar Silaturahmi&Konsolidasi ke Lapisan Bawah

Selain itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga memberikan bantuan operasional untuk 554 Posyandu di Kota Batam, dengan anggaran sebesar Rp2,77 miliar. Kecamatan Lubuk Baja menerima bantuan untuk 22 Posyandu dengan total anggaran sebesar Rp110 juta. Sedangkan di Kecamatan Nongsa terdapat 41 Posyandu dengan total anggaran sebesar Rp205 juta, dan di Kecamatan Batam Kota terdapat 61 Posyandu dengan total anggaran sebesar Rp305 juta.

“Untuk Posyandu, kami memberikan bantuan sebesar Rp5 juta untuk setiap Posyandu, karena peran Posyandu sangat penting sebagai garda terdepan dalam kesehatan masyarakat,” ujar Gubernur Ansar.

Guru pendidikan anak (TK, PAUD, dan Raudhatul Athfal) juga mendapatkan bantuan hibah insentif dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Pada tahun 2023, bantuan ini diberikan kepada 3.800 orang guru di seluruh kabupaten dan kota di Kepulauan Riau, dengan anggaran sebesar Rp4.560.000.000,-, di mana setiap guru akan menerima Rp1,2 juta. Di Kota Batam, bantuan ini diberikan kepada 1.418 orang guru, dengan rincian 960 guru TK, 145 guru PAUD, dan 313 guru Raudhatul Athfal (RA).

BACA JUGA:   Silaturahmi Dengan Masyarakat Perumahan Taman Sari, Ansar Dorong Percepatan Pembangunan Fasum

Gubernur Ansar menyatakan bahwa bantuan ini akan segera disalurkan ke rekening masing-masing penerima. Ia menekankan kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawab untuk memastikan dana tersebut segera sampai ke penerima.

“Kami harus mengontrol penyaluran bantuan ini. Hari ini hanya tahap seremonial, tetapi kami akan memastikan bahwa dana tersebut segera terkirim,” tegas Gubernur Ansar.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga melanjutkan program bantuan rumah ibadah. Pada tahun 2023, bantuan hibah Rumah Ibadah diberikan kepada 940 penerima di tujuh Kabupaten/Kota, dengan total anggaran sebesar Rp94.442.920.414,-. Di Kota Batam sendiri, terdapat 354 penerima dengan anggaran senilai Rp52.696.420.414.

“Semua bantuan ini diberikan dengan persetujuan dari teman-teman DPRD Provinsi Kepri. Kami juga memberikan apresiasi kepada teman-teman legislatif,” kata Gubernur Ansar.

BACA JUGA:   Mobil Tesla Kini Mulai Mengaspal di Batam, Mobil Ramah Lingkungan Dilengkapi Internet dan Aplikasi

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan ini Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kepri, Raden Hari Tjahjono, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri Tengku Afrizal Dahlan, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepri Widiastadi Nugroho, Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Kepri H. Taba Iskandar, serta Anggota DPRD Provinsi Kepri Alex Guspeneldi, Uba Sigalingging, Ririn Warsiti, dan Sirajudin Nur. Turut hadir juga Anggota Tim Percepatan Pembangunan, Angelinus, Anton Duha, Hasanuddin Muda, Hendry Sanopaka, Widyaiswara Utama Lamidi, dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Kepri. (Jlu)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER