Saturday, March 2, 2024
Google search engine
HomeNasionalAnies ke Pasar Jambi, Sorot Harga Bahan Pokok dan Rentenir

Anies ke Pasar Jambi, Sorot Harga Bahan Pokok dan Rentenir


Jakarta, CNN Indonesia

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mendatangi Pasar Angso Duo Baru Jambi, Kota Jambi, Kamis (14/12). Ia sempat berdialog dengan para pedagang di sana.

Anies juga sempat membeli komoditas di sana, misalnya kacang panjang, ikan asin, dan sebagainya.

Anies mengatakan para pedagang mengeluhkan harga kebutuhan pokok melonjak. Sedangkan jumlah pembeli dan omset mengalami penurunan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Menjelang akhir tahun harga bahan pokok bisa lebih tinggi dari sebelumnya. Volume penjualannya menjadi menurun. Yang awalnya satu kilogram menjadi setengah. Omsetnya menurun. Inilah masalah yang akan kami selesaikan,” katanya, Kamis (14/12).

BACA JUGA:   Menanti Nyali Dewas KPK ke Firli Bahuri, Novel Baswedan: Selama Ini Dianggap Lemah!

Ia mengatakan persoalan kebutuhan pokok menjadi salah satu prioritas pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut satu. Makanya, ia akan membuat tim khusus untuk mengatasinya.

Anies berkata kenaikan harga salah satunya dipicu kenaikan permintaan tapi produksi menurun. Dengan demikian, salah satu upaya untuk menurunkan atau menstabilkan harga bahan pokok ialah dengan cara meningkatkan produksi.

Anies juga mengatakan para pedagang memerlukan bantuan modal. Karena kesulitan, sebagian pedagang terjebak pinjaman.

“Contohnya ada yang meminjam ke rentenir. Bahasa yang tadi kami dengar, kami pinjam 4 dibalikin jadi 7 itu,” kata Anies.

Supaya pedagang bisa dengan mudah mendapatkan modal, kata Anies, diperlukan koperasi. “Saya sampaikan pihak pasar juga segera bentuk koperasi. Di sini ada pedagang berjumlah 2.000 orang,” katanya.

BACA JUGA:   Hasil BRI Liga 1: Penalti Menit Akhir Bawa Persija Pecundangi PSS Sleman

Bila terdapat koperasi, perbankan dan pemerintah dapat menyalurkan bantuan skala besar dan bisa dikelola. Ini lebih baik dibandingkan menyalurkan bantuan kepada per individu.

Ketika ada bantuan, sudah ada kelompok pedagangnya yaitu koperasi. “Tapi kalau per individu yang menerima, tentu kesulitan. Skala bisnisnya kecil. Kalau bersatu dalam koperasi insya Allah pendanaan lebih mudah,” katanya.

Bila sudah koperasi, ujar Anies, para pedagang tidak perlu lagi terjebak pinjaman online.

“Tempat-tempat yang ada koperasi, di situ masyarakatnya tidak terjebak pinjaman online. Kalau tidak ada, banyak yang terjebak pinjaman online,” katanya.

Selain itu, kemacetan jalan nasional imbas truk baru bara menjadi faktor kenaikan harga bahan pokok di Jambi. Ini baru diketahui Anies saat berkunjung di sana.

BACA JUGA:   Adegan Mesra Video Musik Love Wins All Viral, IU dan V BTS Punya Nama Baru

Anies juga bertanya soal solusi untuk mengatasi permasalahan angkutan batu bara.

Kata seorang warga kepada Anies, bisa dibuatkan jalur khusus untuk truk batu atau lalu lintas truk baru bara harus dihentikan.

“Ini akan kami pertimbangkan,” kata Anies.

(msa/wis)

[Gambas:Video CNN]



Source link

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER